Minggu, 21 Juni 2009

Persepsi Interpersonal

Pengaruh Persepsi Interpersonal pada Komunikasi Interpersonal

Prilaku seseorang dalam komunikasi interpersonal amat tergantung pada persepsi interpersonal. Misalnya, bila Anda diberitahu bahwa dosen Anda yang baru itu galak dan tidak senang dikritik, Anda akan berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan. Bila Anda menganggap tetangga Anda sombong dan feodal, Anda akan menghindari bercakap-cakap dengan dia.
Persepsi orang juga seringkali tidak cermat. Apabila kedua belah pihak menanggapi yang lain secara tidak cermat, terjadilah kegagalan komunikasi. Namun kegagalan komunikasi ini dapat diperbaiki bila orang menyadari bahwa persepsinya mungkin salah. Komunikasi interpersonal akan menjadi lebih baik apabila persepsi ini bersifat subjektif dan cenderung keliru. Akibat lain dari persepsi yang tidak cermat yakni mendistorsi pesan yang tidak sesuai dengan persepsi
Pesepsi interpersonal juga aakan mempengaruhi komunikate. Bila orang berperilaku sesuai dengan persepsi orang lain terhadap dirinya, terjadilah apa yang disebut self-fulfilling propechi (nubuat yang dipenuhi sendiri).

Tidak ada komentar: